Jumat, 17 April 2009

Silsilah Ronggolawe

Kidung Ranggalawe dan Kidung Panji Wijayakrama menyebut Ranggalawe memiliki dua orang istri bernama Martaraga dan Tirtawati. Mertuanya adalah gurunya sendiri, bernama Ki Ajar Pelandongan. Dari Martaraga lahir seorang putra bernama Kuda Anjampiani. Kedua naskah di atas menyebut ayah Ranggalawe adalah Arya Wiraraja. Sementara itu, Pararaton menyebut Arya Wiraraja adalah ayah Nambi. Kidung Harsawijaya juga menyebutkan kalau putra Wiraraja yang dikirim untuk membantu pembukaan Hutan Tarik adalah Nambi, sedangkan Ranggalawe adalah perwira Kerajaan Singhasari yang kemudian menjadi patih pertama Majapahit. Uraian Kidung Harsawijaya terbukti salah karena berdasarkan prasasti Sukamreta tahun 1296 diketahui nama patih pertama Majapahit adalah Nambi, bukan Ranggalawe. Nama ayah Nambi menurut Kidung Sorandaka adalah Pranaraja. Sejarawan Dr. Brandes menganggap Pranaraja dan Wiraraja adalah orang yang sama. Namun, menurut Slamet Muljana keduanya sama-sama disebut dalam prasasti Kudadu sebagai dua orang tokoh yang berbeda. Menurut Slamet Muljana, Nambi adalah putra Pranaraja, sedangkan Ranggalawe adalah putra Wiraraja. Hal ini ditandai dengan kemunculan nama Arya Wiraraja dan Arya Adikara dalam prasasti Kudadu, dan keduanya sama-sama menghilang dalam prasasti Sukamreta

24 komentar:

alei mengatakan...

dulu aku pernah ketuban ..
kgn juga kabar wisatanya dan kuliner

wong deso mengatakan...

tanks... artikel history

Anonimmengatakan...

tahu keturunanya ronggolawe nggak yang masih hidup sekarang?
Makasih.

Ma'rruf mengatakan...

jika seseorang yg masih hidup akan tetapi dalam raganya selalu dilindungi atau dijaga oleh dinasti Ranggolawe, apakah dia termasuk turunannya ??????????????

Irfa Ronaboyd mengatakan...

klo tidak salah, mohon dibetulkan jika salah, silsilah sunan kalijaga masih keturunan ronggolawe.

wawan lesmana mengatakan...

terima kasih atas infonya.sangat akurat tapi kalo boleh saya ingin minta info dimanakah saya bisa mendapatkan gambar-gambar pasti tentang sesuatu yg berhubungan dengan ronggolawe.di tunggu infonya.terimakasih.

wawan lesmana mengatakan...

terima kasih atas infonya.sangat akurat tapi kalo boleh saya ingin minta info dimanakah saya bisa mendapatkan gambar-gambar pasti tentang sesuatu yg berhubungan dengan ronggolawe.di tunggu infonya.terimakasih.

Unknown mengatakan...

Asallamoalekum ..kalok kanjeng sunan kalijaga itu kalok sampean pingin tau beliau itu setau saya mas beliau itu masih ada rentettan dari kanjeng syeh ashari .tepatya di desa mejagug lor di situ ada yg masih mempuyai kitap lama yg ngak isa di lihat kalok ngak kturuna atau orang yg di ijinkan yg puya .tetapi kalian sudah saya kasih tau jagan bicara saja kalok kqlian itu mencari sesuatu dengan mwngerakan jari lihat iternet bisa nyampek itu bohong namanya ms .kalian ibarat megaji dirimu ini saya yg pbtibg saya tau yg di titpi itu mas .saya ikut orang itu 2 tahun hANYA PINGIN TAU PENGAPDIAN KBENARAN ITU MAS .JAGAN MENGOTAK NGATIK INFO SAJA MAS MAS INI BERJUANG DGAN TINNDAKAN .DN PEGORBANAN SILAHKAN ANDA MENCARI .KGAN HAYA HAYA MINTA TOLONG BLAS NI UDAH SYA BALAS HAYA KATANYA KATANYA SAJA .OK SILAHKAN MENCARI?

Unknown mengatakan...

Yg di cari kok gambar 2 to mas doakan mereka dulu doakan beliao 2 itu baru minta petunjuk to mas naanty kan ada yg mengasih tau kalok kalian betsuunguh pingin tau .jangan kalian megerakan jari 3 di internet saja brsihkan dulu pikiran dan niat tujuanya itu yg temenanan mas jgn gerakan di internet sja to mas .kslok kamu pingin tau degan jelas mas melalui ngoipnya mas mau masuk alam ngoip sampean temui .ada orang tuwa di gunung kalak wilis nama orang tuwa itu tersohor di wilayah tuban .tepatya di namanya mbah nirfan .pendekar + Para normal itu .tapi jangan main 2 mas di jugak mantan wartawan jman sharto ..dan anakya itu ada yg angota pangatnya ngak main 2 mas itu mungkin kalok pulang ke tuban itu pun yang mengawal saja oran kodim .koramil .kalok beliao pualang ke tuban silahkan minta tolong sama beliau itu mbah nirvan .kalak wilis semua orang tau .mas apa lagi orang polres tau semuanya ngak susah mencari kebenaran kalok bener 2niat sampean .JANGAN MINTA TERUSNGAK DI LAKSANAKAN .IKU JENEGE PRA TEMEN MAS NGAPUSI AWAKMU DEWE SILAHKAN MENEMUI BELIAAU .

Unknown mengatakan...

Itu ada 2 versi mas .versi satu bisa saja jin .mengaku atau pingin di segani atau pingin berbuat baik ?
2 bisa jugak kadam / kodan ilmu dari beliau mas ingat ingat ini dn baca yg baik .karena ilmnya beliau itu sebetulnya belum ada tandinganya karena yang mengalahksn jugak masih sodaranya mas ..kalok sampean ahli kitap qur'an dn maknanya ..sampean akan tau semuanya mas .tentang beliau ms ...skarang bicara logika mas kok keturunan beliao kok hilang leyap itu kemana pemerintah kabupaten kok
ngak megurusnya itu yg jadi persoalan di pikiranku skarang begitu para pengemar ifo .karena apa tanpa beliao beliao itu tanahtuban itu apa namanya jadinya ..kok lucupemerintah skarang itusedangkan alun alun tuban itu masih pemberian keluwarganya beliao itu sebelu menghilang semuanya itu ya itu yg lucu .

Unknown mengatakan...

Seorang kesatria spt ronggolawe yang dituduh pemberontak spt trunojoyo yang juga kesatria dari madura dituduh pemberontak, silsilahnya sama2 dikaburkan. Kenapa ??? Hanya orang yang mempunyai pemikiran cerdas yang bisa menjawabnya.

Unknown mengatakan...

Ada ciri fisik dari keturunan ronggolawe
Bagian kuku jempol tangan terlihat menyiku bagian atasnya
Apakah iru benar.....???
Mohon pencerahanya

Unknown mengatakan...

Mudah mudahan sampean ketemu dengan ronngolaww

Djanoko fu mengatakan...

Saya baru tau, ternyata Sunan Kalijaga itu masih keturunan Ranggalawe.

Unknown mengatakan...

Saya orang tuban juga

Unknown mengatakan...

Sejarah itu logis dan matematis..bukan berdasarkan jarene apalagi magis...
Apapun itu saya hormat dg beliau "ronggolawe

Unknown mengatakan...

Saya mempunyai buku silsilah keturunan dan berujung ke ronggolawe mungkin ada yg bisa bant

Unknown mengatakan...

Betul sekali kanjeng sunan msh ada silsilah ke ronggolawe lewat ibu nya...dan silsilah kanjeng sunan kali sampe ke rosul lewat ayah nya

Unknown mengatakan...

Wahaisaudarku orang Tuban kakekku dulu pernah cerita bahwasanya dia pernah cerita kaklau dia keturunan raja Tuban, dan dia pernah bilang dia keturunan dari Mbah brengos, cucunya Ronggolawe, yg mau saya tanyakan adalah disana makam Mbah brengos tolong jelaskan wahai saudaraku di Tuban, saya fari sumatra, belum pernah ke Jawa

Unknown mengatakan...

Adakah yg tau keturunan ronggolawe yg di madura dan di pulau Gili Raje?

Anonimmengatakan...

Maaf mas mau tanya,itu buat apa ya kalo boleh tahu?

sapraun mengatakan...

Paling nggak jiwa ksatria dan pemberontak ketidakadilan akan tetap melekat mas. Bahkan mungkin lakon kehidupannya jg akan sama. Rahayu

Unknown mengatakan...

Assalamuaalaikum wr wb .... Setau saya Intinya Para pejuang majapahit Habis Ter Adu domba Oleh Satu Orang Yaitu R.Halayuda . Jangankan para jejeran Majapahit , Raden Wijayapun Terkena Tipudayanya R.Halayuda . Satu demi Satu Di olok olok oleh halayudah .

Wassalamualaikum wr wb .

JASA RENOFASI mengatakan...

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anda sering kecewa saat meRENOFASI Rumah?
Hasil dan bahan tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan?
Kini saatnya anda menggunakan jasa kami,hasil dan bahan materialnya pasti memuaskan Anda.
Rumah indah,rapi dan kokoh.
Karena di kerjakan oleh tenaga yang sangat profesional di bidangnya.
Harga murah bukan berarti murahan dan asal- asalan.
Beri tahu teman,relasi dan saudara anda jika puas dengan pekerjaan kami.
Tapi silahkan kritik dan beri masukan kami jika hasil dan cara kerja kami tidak sesuai harapan.
Silahkan hubungi kami: 089507978718

 
© Design byRonggolawe 2008